Jumat, 30 November 2012

Hajar Aswad Mempengaruhi Rotasi Bumi?



Beberapa bulan terakhir beredar informasi yang menyebutkan bahwa Hajar Aswad (batu hitam yang ada di dekat Ka'bah) merupakan superkonduktor dan menjadi penentu rotasi bumi.

Sebagian dari kutipan informasi tentang hajar Aswad yang banyak di-copy paste para blogger (tanpa riset dahulu terhadap sumber) adalah sebagai berikut.

“Encyclopedia Americana menulis : “…Sekiranya orang2 Islam berhenti melaksanakan thawaf ataupun shalat di muka bumi ini, niscaya akan terhentilah perputaran bumi kita ini, karena rotasi dari super konduktor yg berpusat di Hajar Aswad, tidak lagi memancarkan gelombang elektromagnetik.

Menurut hasil penelitian dari 15 Universitas : menunjukkan Hajar Aswad adalah batu meteor yg mempunyai kadar logam yg sangat tinggi, yaitu 23.000 kali dari baja yg ada.“
Prof Lawrence E Yoseph – Fl Whiple menulis : “…Sungguh kita berhutang besar kpd orang Islam, shalat, tawaf dan tepat waktu menjaga super konduktor itu…

Sejumlah Pertanyaan

 

Hal yang mengundang pertanyaan dari kutipan tersebut adalah:
  • Pada halaman berapa dan edisi tahun berapa dari Encyclopedia Americana kutipan tersebut berada?
  • Apa itu superkonduktor, dan apa hubungannya denagn rotasi bumi? 
  • Bagaimana membuktikan bahwa tawaf dan solat berhubungan dengan rotasi bumi? 
  • Apa saja 15 Universitas yang melakukan penelitian tersebut? Siapa penelitinya? Bisa diperoleh di mana buku hasil penelitian tersebut? 
  • Siapa Prof Lawrence E Yoseph – Fl Whiple? Di buku apa atau di mana dia menuliskan kutipan di atas?
Tidak ada satu pun postingan blog yang menjelaskan pertanyaan-pertanyaan di atas.

 

Encyclopedia Americana 

 

Karena saya tidak punya buku Encyclopedia Americana maka saya belum bisa mengecek kebenaran kutipan tersebut.

Superkonduktor dan Hubungannya dengan Rotasi Bumi

 

Saya belum riset untuk masalah ini.

Prof Lawrence E Yoseph

 

Mengenai nama Prof Lawrence E Yoseph, saya coba googling, dan tidak mendapati nama yang persis seperti tersebut (kecuali tentu saja dari blog-blog yang menyebarluaskan info di atas).
Adapun nama yang mirip yang saya dapatkan ada 2:
  • Lawrence Joseph, seorang Profesor di bidang Hukum yang juga terkenal sebagai penyair. Cek di wikipedia: Lawrence Joseph
  • Lawrence E. Joseph, seorang penulis dan pengisi di berbagai media. Di biografinya tidak tertulis bahwa dia seorang profesor. Silakan cek di website resminya lawrenceejoseph.com. Dia adalah pengarang buku "Apocalypse 2012".

 

Fl Whiple

 

Saya menduga, yang dimaksud adalah F.L.Whipple. Untuk nama F.L.Whipple, hasil googling yang saya dapatkan adalah Fred Lawrence Whipple, astronom yang meninggal tahun 2004. Cek di wikipedia: Fred Lawrence Whipple.


Hajar Aswad adalah Meteorit?

 

Saya tidak punya kapabilitas untuk menjelaskan tentang batu-batuan. Untungnya, Pak Rovicky, ketua IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) telah menjelaskan mengenai status hajar aswad di blognya. Berikut postingan di blog beliau: Hajar Aswad - Batu Apakah Kalau Bukan Meteor?

Pak Rovicky tampaknya mengamini apa yang ditulis oleh Pak Ma'rufin Sudibyo bahwa Hajar Aswad bukanlah batu meteor. Kutipan tulisan Pak Ma'rufin Sudibyo ada di web Kafe Astronomi, berikut ini linknya: Hajar Aswad batu meteor? Hoax!

Kesimpulan sementara: 

 

  • Informasi tentang status Hajar Aswad sebagai superkonduktor yang mempengaruhi rotasi bumi tidak diketahui sumbernya
  • Status hajar aswad sebagai meteorit dipertanyakan. Seorang pakar geologi Indonesia menolak Hajar Aswad adalah meteori. Seorang pakar astronomi Indonesia menyebutnya sebagai hoax. 

155 komentar:

  1. Wah, saya sependapat dengan anda,

    karena artikel yg menyinggung masalah sains, haruslah mencantumkan nama ilmuwan/ peneliti yg bisa dihubungi,
    dan diumumkan hasil penelitian didepan para ilmuwan.
    Dan dibuatkan jurnal ilmiah.
    Tapi itu gak ada.
    di fans page facebook saya berusaha menyadarkan orang2
    eh mereka malah bilang saya orang kafir,

    saya juga ingin menulis artikel seperti ini di blog saya,

    dengan keyword n kata2 yg beda tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju cara berpikir anda, di jaman murah internet gini, siapapun kita hendaknya lbh kritis dan mau nyempetin cek n ricek berita sebelum turut menyebarluaskan. sy terima berita diatas via whatsapp di hp sy dari seorang yg baik, terpandang dan berpendidikan. Sayangnya beliau kurang kritis dlm menerima berita dan meneruskan ini.
      Hal pertama yg membuat sy ragu adalah fakta bhw di thn 1941 ka'bah pernah terendam banjir, tinggi air mendekati pintu ka'bah. Pada saat itu tidak ada orang tawaf, lalu apakah rotasi bumi berhenti? ternyata tidak. Kedua; ka'bah dan hajar aswad dibangun oleh Nabi Ibrahim; apakah sebelum nabi Ibrahim tidak ada rotasi bumi?

      Jadi sikap kritis untuk bertanya dulu seperti yg anda contohkan diatas adalah sikap yg perlu ditularkan, agar kita tidak turut menyebar berita hoax; kalaupun setelah kita telusuri ternyata benar, tentu itu makin menambah keimanan bagi saya dan kaum muslimin, dan tidaklah perlu mencela pemeluk agama lain.
      Salam

      Hapus
    2. Jangan memperdebatkan hal yang diluar kemampuan,..! dan janganlah memutar2 pemikiran...! Allah SWT berfirman:
      "1). Katakanlah: Hai orang-orang kafir
      2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
      3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
      4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
      5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
      6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"

      Hapus
    3. buat atas ane si anonymous 2D
      Allah SWT berfirman:
      "1). Katakanlah: Hai orang-orang kafir
      (siapakah orang kafir yg anda maksud? )
      2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
      (Jika Allah SWT berfirman, buat apa Dia menyembah, kan Allah SWT adalah yang Maha Tinggi dan Dialah yang patut disembah)
      3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
      (Jika ini adalah firman Allah SWT, kok menyembah Tuhan lagi -_- " kan hanya Allah yang patut disembah.)
      4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
      (kan ini menurut anda yang berfirman Allah SWT,.. nyembah siapa lagi -_- " ) makin turun ente 2D jadi 1D -_-"
      5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
      (jiah ini lagi -_- ) masa Allah berfirman lagi menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah? Allah nyembah Tuhan??
      6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"
      (Siapakah yang menciptakan Agama? ) siapa yang menciptakan Adam & Siti Hawa? apa agama Adam dan Hawa? kalau di kitab mu ada kisah adam dan Siti Hawa berarti mereka menganut agamamu ya? lalu kalau dikitabku ada kisah adam dan siti hawa juga, berarti dia juga memeluk agamaku dong?? :)

      Hapus
    4. """"" AnonymousOctober 8, 2013 at 9:33 AM

      Jangan memperdebatkan hal yang diluar kemampuan,..! dan janganlah memutar2 pemikiran...! Allah SWT berfirman:
      "1). Katakanlah: Hai orang-orang kafir
      2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
      3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
      4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
      5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
      6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku""""""""""""



      Kok selalu saja ini jawabannya ga ada yang lain apa ya?? yang lebih ilmiah,, lah kalau ada pertanyaan dari mana pohon apel bisa buah ya?? kalao jawabannya itu udah dari sono nyaemang begitu.. / itu kan ciptaan Tuhan,, ya udah begtu jadinya,,,!!
      trus kapan kita pinter nya ya..?? hiks .. hiks..

      sedih aku melihat orang2 di negara ku terlalu bodoh dan mudah di bodohi.. sekaligus ngakak... hahahaha..

      Hapus
    5. untuk Zul yanng dia atas :
      "1). Katakanlah: " Hai orang-orang kafir "
      2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
      3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
      4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
      5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
      6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"

      ini itu pengertian dari surat Al Kafirun
      lu ga ngerti ya apa yang dimaksud sama artian surat ini.. maaaf ya
      jangan sok ngeposting kaya gitu kalo ga ngerti.. nanti takutnya banyak orang yang tersinggung..

      Hapus
    6. maaf bukan pengertian, maksud saya artian ke bahasa Indonesia dari bahasa Arabnya

      Hapus
    7. untuk Agna

      saya mengkomentari untuk meluruskan, karena yg posting diatas mengatakan itu adalah firman Allah SWT, tolong dibaca dulu detail postingan tersebut, baru anda berkomentar yang cerdas, lu yang nggak ngerti kesalahan postingan sebelumnya. :)

      disitukan ditulis Allah SWT berfirman, 1.2. sampe 6
      masa Allah SWT menyembah tuhan lagi, sedangkan Allah itu yang menciptakan manusia, buat apa dia nyembah tuhan lagi. -_-
      oh apa itu anda yg posting ya pakai anonymous biar ngk malu kalau salah :)

      cermati kesalahan postingan tersebut, saya hanya mengomentari yang menurut saya tidak benar penulisannya.

      kalau isi tersebut terjemahan dari surat QS. Al Kafirun: 1-6
      disitu tertulis
      " Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
      1. Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir, . . .
      2. . . .

      Belajarlah memahami tulisan (" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang") di awal Ayat tersebut dengan mengganti menjadi ("Allah SWT berfirman:")

      karena pengartian dan pemahamannya akan berbeda, yg ditulis pada postingan pertama seolah-olah Allah berfirman pada ayat "3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah"

      berbeda jika dari awal postingan anda menuliskan:
      QS. Al Kafirun: 1-6
      " Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
      "3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah"

      itu menjelaskan bahwa ayat QS. Al Kafirun yang menegaskan pernyataan itu.

      ngerti ora maksud ana?
      karena kalau ente salah nulis ayat, ente bahlul namanya, belajar lagilah ilmu agama ente biar ente bisa lebih dalam lagi dalam mengartikan ayat.

      Hapus
    8. maaf ya mimin page ini, jadi out of topic, wong yg dibahas tentang Hajar Aswad jadi melenceng kemana-mana -_-

      monggo back to topik buat yg komen :)

      Hapus
    9. Jangan memperdebatkan hal yang diluar kemampuan? kalo emang hal ini diluar kemampuan ga bakal ada penjelasan [sok] ilmiah-nya, lha terus coba jelaskan bagaimana cara kerja Hajar Aswad mempengaruhi rotasi bumi? kalo sampe ada kesimpulan bahwa Hajar Aswad mempengaruhi rotasi bumi, berarti itu termasuk hal yang bisa di pahami / di dalam kemampuan iya kan?

      Hapus
    10. atas ane...
      Lah, kalo emang ga ada landasan teoritisnya... kan bisa dibuktikan dengan landasan teoritis...
      parahnya orang 2d kek elu....
      gabungin agama sama ilmiah secara bersamaan...
      agama boleh agama..
      tapi ilmiah tetep harus ada landasan teoritis...
      kalo ditanya, kok elu bisa ada di dunia ini... masa lu cuma jawab Allah menciptakan ku...
      gitu aje?
      caranya gimana?
      hayo jawab ga?

      Hapus
    11. Jangan terjebak sekuleritas. Semua semu. Karena loe pada G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  akan bisa ngejelasin gmn crae bkin roh!

      Hapus
    12. anu... mengomentari atau mendikte sesuatu ajaran agama (dalam hal ini firman Allah) bukan hal yang sopan untuk dilakukan, semua orang punya kepercayaan masing2, dan kita harus menghargai itu.

      saya kira yang sepantasnya yang di komentari itu pemikiran si anonymous2nd
      bukan isi komentar yang isinya 'firman'.

      harap bijaksana teman2, dan hargai yang lain.

      Hapus
    13. yang komen rata2 dongo, apa itu bikin roh? sampe saat ini gw blom percaya yang gaib2
      gw jg bertanya2 sama kepercayaan gw, tapi cukup dalem hati, bukan koar2 mendikte orang laen.

      ga usah sok2an merangkai kata buat menang debat konyol lah,
      konyol liat lu pade, kayak anak sd yang nanya tuhan itu dimana sama emaknya

      YANG KOMEN NYINGGUNG SARA, DONGO ABIS

      Hapus
    14. Untuk Zul, belajar dulu surah Al-kafirun itu artinya apa, maknanya apa, pemahaman anda dangkal sekali udah posting2 gitu, maaf bukannya ga boleh tapi keliatan banget salahnya dalam mengartikan surah itu :)

      Hapus
    15. ZulOctober 8, 2013 at 2:55 PM

      buat atas ane si anonymous 2D
      Allah SWT berfirman:
      "1). Katakanlah: Hai orang-orang kafir
      (siapakah orang kafir yg anda maksud? )
      2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
      (Jika Allah SWT berfirman, buat apa Dia menyembah, kan Allah SWT adalah yang Maha Tinggi dan Dialah yang patut disembah)
      3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
      (Jika ini adalah firman Allah SWT, kok menyembah Tuhan lagi -_- " kan hanya Allah yang patut disembah.)
      4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
      (kan ini menurut anda yang berfirman Allah SWT,.. nyembah siapa lagi -_- " ) makin turun ente 2D jadi 1D -_-"
      5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
      (jiah ini lagi -_- ) masa Allah berfirman lagi menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah? Allah nyembah Tuhan??
      6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"
      (Siapakah yang menciptakan Agama? ) siapa yang menciptakan Adam & Siti Hawa? apa agama Adam dan Hawa? kalau di kitab mu ada kisah adam dan Siti Hawa berarti mereka menganut agamamu ya? lalu kalau dikitabku ada kisah adam dan siti hawa juga, berarti dia juga memeluk agamaku dong?? :)

      Mau komenin dikit komentar di atas Buat Zul :

      Dari komentar ente di atas itu kesimpulannya mempertanyakan itu firman Alloh atau bukan kan?

      Kalau ente lebih teliti dan menyimak baik2 pasti ente bisa baca kan di ayat pertama ada kata " Katakanlah" , jadi sebenarnya yang dimaksud di QS Al Kafirun itu adalah Alloh SWT menyuruh kita ( umat muslim ) untuk mengatakan kata2 yang ada di surah tersebut, boleh dibilang suruh menirukan kata2 itu, mungkin untuk menjawab sesuatu ... Jadi kata2 itu bukan berarti Alloh SWT yang sedang mengucapkannya tapi itu hanya mencontohkan untuk ditirukan ...

      Maksud???

      Hapus
    16. Zul itu orang goblok sok2 kritis logis mau keliatan lebih pinter dari Alquran. Gak penting orang kayak dia

      Hapus
    17. Buat Zul, coba baca kalimat dalam Al Kafirun dengan cermat. Aku tidak akan menyembah ......dst., "aku" disini bukan "aku"nya Allah, tapi "aku"nya yang disuruh oleh Allah untuk mengatakan kalimat tersebut. Paham belum?

      Hapus
    18. setuju dengan anonim.. buat apa kita mendebatkan sesuatu yang belum jelas tentang hajar aswad.. yang penting adalah ibadah kita.. yang mengggerakkan rotasi bumi atau mempengaruhi hanya Allah SWT.. bukan hajar aswad.. takutnya kalo mengkultus kan batu hajar aswad (walau notabene mempunyai beberapa kelebihan diantara batu lain).. ntar malah kita akan menjadi syirik/musyrik/menyekutukan Tuhan

      Untuk Zul.. perlu dipahami bahwa latar belakang turunnya surat al kafirun sebagai berikut : Pada masa penyebaran Islam di Mekkah, kaum Quraisy yang menentang Rasulullah SAW tak henti-hentinya mencari cara untuk menghentikan ancaman Islam terhadap kepercayaan nenek moyang mereka. Pada salah satu upaya tersebut mereka berusaha mengajukan proposal kompromi kepada Rasulullah SAW dimana mereka menawarkan: jika Rasulullah mau memuja Tuhan mereka, maka merekapun akan memuja Tuhan sebagaimana konsep Islam. Kemudian surat ini diturunkan untuk mejawab hal itu.
      Jadi jangan asal menterjemahkan sesuai pemikiranmu sendiri yhaaa.. Al Qur'an itu adalah pelengkap dari semua kitab yang ada.. tidak ada satu ayat pun yang menyimpang..

      senang berkenalan dengan anda semua

      Hapus
    19. ARTIKELNYA BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK GAN ... MAKASIH YA GAN... OIYA YANG PENGEN BACA BACA ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO GOKIL .... TINGGAL KLIK SALAH SATU..

      ===>> BRA PALING UNIK DI DUNIA
      ===>> FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
      ===>> KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
      ===>> FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
      ===>> ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO
      ===>> ARTIKEL HACKER CANTIK DUNIA
      ===>> CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML
      ===>> FOTO FOTO KOTA ANTIK DI DUNIA
      ===>> CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
      ===>> ARTIKEL BAHAN HERBAL PEMBANGKIT LIBIDO
      ===>> CARA BERCIUMAN YANG BENAR
      ===>> 10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
      ===>> FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD
      ===>> CARA AGAR WANITA CEPAT MINTA KAWIN
      ===>> RAHASIA WANITA CEPAT INGIN ML

      TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....
      SMOGA BLOGNYA TAMBAH RAMAI PENGUNJUNGNYA...


      ---------->>>> TRIMS YA.....

      Hapus
    20. Ahmad bin Usman12 April 2014 08.05

      Pendapat saya (tanpa niat menyalahkan yang lain):

      1. Setuju dengan mas Muchferi Irawan. Mending kita fokuskan ke ibadah saja lah (dalam artian luas).

      2. Banyak misteri yang ada di jagat raya ini yang tidak semuanya bisa dipecahkan manusia saat ini juga.
      Jika Allah menghendaki, Dia akan memberikan "sedikit" pengetahuan kepada orang-orang yang meminta (dalam artian luas).

      3. Jangan pernah menafsirkan sesuatu secara sempit (dalam artian luas).

      4. Sudah digariskan bahwa Islam akan dijatuhkan oleh umatnya sendiri, salah satunya diawali dengan perdebatan, masing-masing merasa paling benar, lebih tau dan lebih pintar, yang kemudian terjadi peperangan.
      Salah satu contohnya ya seperti ini..

      5. Mari kita sama-sama dinginkan kepala dan hati. Kita gali ilmu lebih dalam lagi. Bertukar ilmu dengan yang lebih mengerti tanpa perdebatan. Semoga Allah memberikan sedikit lagi pengetahuan kepada kita.

      Maaf jika ada kata-kata saya yang salah. Karena ini cuma pendapat saya dan kapasitas saya sebagai manusia biasa.

      Hapus
    21. dan memang tidak ada yang mustahil didunia apabila ALLAH SWT menghendaki dan semuanya melewati proses sebab dan akibat yang sangat logika, sehingga yang Dikehendaki tidak merasa karena sangat-sangat logika

      Hapus
    22. kepada zul 8 Oktober 2013 14.55

      benar surah ini firman Allah SWT..cuba anda baca sekali lagi

      Allah SWT berfirman:
      "1). Katakanlah: Hai orang-orang kafir
      (Allah menyuruh Muhammad SAW/org Islam untuk berKATA kepda org kafir (org yg menolak islam) : "hai org2 kafir"
      2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
      (ini merupakan sambungan dari ayat pertama, Allah meyuruh Muhammad berkata kepada org kafir bahawa aku (Muhammad) tidak menyembah apa yg kamu sembah (berhala)).
      3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
      (ini sambungan dari ayat kedua: Allah menyuruh Muhammad berkata kepada org kafir. "kamu (org kafir) tidak menyembah Tuhan yg aku (Muhammad) sembah)
      4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
      (sambungan ayat 3: dan aku (muhammad) tidak pernah menjadi penyembah apa yg kamu sembah"
      5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
      (sekali lagi di terangkan)
      6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"
      (Allah SWT ada Tuhan kepada semua isi langit dan bumi, dan nabi Muhammad itu pesuruh Allah, setiap yg percaya dan mengakui kenyataan ini adalah muslim:)

      disini kamu telah tersalah konteks...awal2 lagi sudah tertulis "KATAKANLAH"
      Disini, Allah mengajar kami org Islam untuk untuk mematikan hujah org kafir agar tidak berlarutan. sekerianya kamu tidak mahu menerima ajaran islam, cukuplah sekadar aku dengan agama ku, dan kamu dgn agama mu,,,

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. isi nya apaan koq di hapus? kalah debat ya penulisnya?

      Hapus
    3. Yang menghapus pembuat komentarnya, bukan saya (penulis blog ini)


      -ihsan-

      Hapus
    4. Banyak sekali informasi-informasi dari Qur an maupun hadits nabi yang memang terbukti secara ilmiah, Qur an & Hadits tidak mungkin bertentangan dengan hukum alam, karena yang menurunkan qur an dan yang menciptakan alam adalah Dzat yang sama yaitu Allah SWT. Allah tidak mungkin mensyariatkan suatau ibadah baik shalat maupun thawaf pasti ada hikmah yang tersembunyi dan dapat dibuktikan secara ilmiyah, hanya karena manusia menerima segala sesuatu harus berdasarkan logika semata sehingga ego nya lebih di dahulukan dari pada realitas informasi qur an yang terbutki secara ilmiyah ( bisa dilihat debat ilmiyah Dr. Zakir Naik & Prof. Cambell ).

      Hapus
  3. Menurut cerita, Hajar Aswad itu diberikan malaikat jibril langsung ke Ismail. Jadi itu batu dari syurga. Wallahu'alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallahu a'lam, saya juga percaya demikian.. (secara keimanan)

      Hapus
    2. Belom bisa dibuktikan bukan berarti tidak ada. Itu logika sederhana sih.
      Menurut saya dalam kasus seperti ini, standing point saya adalah: penulis awal berita itu harusnya menjelaskan dengan detail. Ada prinsip umum, "yang mendalilkan harus membuktikan". Jadi yang harusnya membuktikan sebenernya adalah yang memberi kabar.

      Tapi kalau dari sudutpandang kite kite yang nggak ngerti, jelas artikel di atas belum bisa dibuktikan. Gak bisa ditelusuri sumbernya sih. Tapi jelas, sesuatu yang belum terbukti bukan berarti tidak ada.

      :)

      wallahu a'lam

      Hapus
  4. “Encyclopedia Americana menulis : “…Sekiranya orang2 Islam berhenti melaksanakan thawaf ataupun shalat di muka bumi ini, niscaya akan terhentilah perputaran bumi kita ini, karena rotasi dari super konduktor yg berpusat di Hajar Aswad, tidak lagi memancarkan gelombang elektromagnetik.

    sedikit mengutip dari sini..apakah yg terjadi sebelum datangnya islam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, sebelum Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW datang, ka'bah maupun thawaf sudah dilaksanakan. Sejak kapan? Itu yang saya tidak mengetahuinya

      Hapus
    2. Iya betul, di sekitar ka'bah tersebar banyak berhala juga

      Hapus
    3. podo kemiter hehehehehe

      Hapus
    4. Maaf untuk temen2 semua....kl komen janganlah jelek2an agama. Memang skrg byk skl orang yg share segalaaa macem berita tanpa dilihat dl kebenarannya. Nah kl berita bohong lgsg kt sebar...berarti kt ikut berbohong...pdhal bohong kan ga baik. Jadi...jgn langsung sebar cobalah cari dulu..minimal search di internet..hal2 yg bs dicari. Kl untuk thawaf...sebelum islam sdh ada gerakan orang2 yg berkeliling untuk melakukan ritual kepercayaan mereka...hal ini tercermin di lukisan / pahatan di sebuah sisa dinding di kota Palmyra...

      Hapus
  5. Haus akan hal yang ghoib, padahal ada hal2 ghoib yang tidak mencampuradukan istilah sains dengan keimanan. Mudah terprovokasi oleh kabar kabur yang tak jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ghoib itu ilmiah tapi pemikiran manusia ada yang nyampek sana dan ada yang gak sampek

      Hapus
    2. Setuju, gaib itu adalah metafisika, belum bisa dijelaskan dengan ilmu kita. Ketika sudah bisa dijelaskan, bukan gaib lagi namanya. Dulu petir itu gaib, bautan zeus, sekarang orang2 udah tahu petir itu apa dan bagaimana bisa terjadi. Dulu mukjizat Nabi Musa yang membuat laut menjadi merah itu gaib, sekarang orang2 udah tahu itu apa dan bagaimana bisa terjadi. Dulu Rasulullah bilang kalau di masa depan manusia bisa komunikasi seakan mereka berdekatan itu gaib, sekarang ada internet, hape dll. Dulu Rasulullah bilang akan ada wanita yang berpakaian tetapi tidak berpakaian itu gaib, gak kepikiran gimana itu, sekarang ada baju transparan.

      Kenapa ada yang gaib? Biar manusia semakin mencari tahu, semakin mempelajari ciptaan Allah SWT

      Hapus
  6. muslim itu gampang di pengaruhi hal2 HOAX kalo udah menyangkut agamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak semua kli??? elo musliem enggak ?

      Hapus
    2. Sebagian muslim yang enggan belajar, tentu tidak semua

      Hapus
  7. Hati2 jangan2 yang mengkonter berita ini non muslim..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penulis blog ini insya Allah tetap muslim sampai akhir hayat

      Hapus
  8. Seandainya hal tersebut benar. Hati-hati dengan niat, bisa jadi kita masuk jebakan iblis agar kita shalat/thawaf karena takut kiamat, agar bumi tak berhenti berputar. Dengan dalih ilmiah, tetapi niat kita bergeser, kita harus shalat karena kalau tidak maka dunia kiamat. Kembali luruskan niat, jangan sampai nafsu/akal mempengaruhi ketundukan (Islam = tunduk) kita pada Allah. Salah satu syarat diterimanya ibadah adalah ikhlas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan komentar Anda, terima kasih telah mampir di blog.

      Semoga dimudah kan oleh Allah Subhanahu wataala untuk selalu ikhlas

      Hapus
    2. setuju gus, Insha'Allah masih banyak orang islam/muslim yang bijaksana mereka gak bakal terperdaya tipu muslihat iblis

      Hapus
  9. biar rame ................

    BalasHapus
  10. Saya di KL ni pun ada terima whatsapp berkaitan Batu Hajar Aswad ni.

    Suka betul orang-orang menyebar kenyataan yang tidak disokong dengan bukti kukuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, padahal Islam mengajarkan untuk selalu tabayun pada setiap khabar yang diterima.

      Hapus
  11. Ikut resmi arnab, telinganya besar mulutnya senyap.
    Jangan ikut si murai pagi, sana-sini mulut berbunyi.

    Maksudnya, jangan sibuk sampaikan saja apa yang didengar. Siasat dulu. Itu perintah dalam Al-Quran. Perkara ini perlu diingat kepada umat Islam seadanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petuah dari para salaf: "Cukuplah seseorang dianggap pendusta apabila ia mengabarkan setiap yang ia dengar"

      Terima kasih telah singgah di blog saya :-D,

      Hapus
  12. Seperti "hadist" yang dengan amalan yg kecil mendapatkan pahala, berita seperti ini sekelas seperti "hadist" tsb. Dengan logika sederhana mudah ditolak. Browse di google dan akan ditemukan yg berbahasa Indonesia atau melayu. Walaupun berbahasa inggris sekalipun, jika logika tidak masuk sebaiknya kita tidak andil menyebarkan info yang tidak tau juntrungannya. Islam sudah mulia dengan bukti al quran dan kisah rasul saw

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Benar, Hajar aswad batu dari Syurga.

      Hapus
  14. Saya anak malaysia. Alam semesta ini ada banyak planet-planet yang berputar mengelilingi bintang dan punya rotasi sendiri membentuk malam dan siang. Adakah di planet2 itu juga terdapat hajarul aswad? Siapa pula yang bertawaf di planet lain hingga planetnya berputar. Jika tiada, kenapa planet2 itu punyai rotasi? Kenapa kita mudah percaya berita hoax.



    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya belajar biar pinter gak usah banyak tanya. kalo udah pinter kan bisa jawab sendiri

      Hapus
    2. ini kan satu peringtan untuk kita umat isalam terus bersolat dan ziarah masjidil haram untuk haji dan umrah. Kita juga tahu kiamat akan berlaku apabila Allah swt telah menentukan. Cuba fikirkan. Wallhua'lam.

      Hapus
  15. Bahaya kalau mempercayainya tanpa usul periksa dan bukti. Di zaman teknologi ini, amat senang orang bukan Islam memesongkan akidah kita kalau kita tidak berhati hati.

    BalasHapus
  16. yg jelas kiamat dtg saat penduduk muka bumi tdk ada yg beriman at menyebut Allah,

    BalasHapus
  17. Selama ini apa kita tahu bahwa Hajarul Aswad itu super conductor.
    Setelah mauncul hasil penyelidikan dari luar baru sibuk berkomentar.
    Suatu saat nanti muncul lagi hasil riset dari asing tentang fakta yang lebih akurat tentang Hajarul Aswad, barulah kita sibuk berkomentar lagi Oh iya ya, oh iya ya. coba selidiki dan fikirkan , apabetul Hajarul Aswad itu super conductor, mengapa harus dititik Ka'bah, mengapa harus Super conductor bukan batu kali atau batu bata atau berlian,, kenapa.
    Allah tidak menciptakan sesuatu, melainkan ada sebab. Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya BELUM ADA penyelidikan tentang hajar aswad dan hubungannya dengan rotasi bumi.

      Menyatakan suatu hal sebgai ADA, padahal BELUM ADA, adalah bentuk kebohongan.

      Hapus
    2. emang kalo mau riset harus kasih tau kalian?

      Hapus
    3. Yang jelas Hajar aswad adalah sebuah anugerah Allah keajaiban dunia unt kita umat Islam, yg kita belum tau adalah benarkah itu sebuah superkonduktor? spt berita yg banyak orang sebarkan saat ini. Saya sangat setuju untuk mengecek dulu setiap berita yg kita terima yg kadang seperti baguuus skl seolah kalo kita ikutt bc / share sbg ladang amal, padahal sebenarnya berita itu bohong...kan berarti kita ikut menyebar berita bohong...jd hati2lah. Apa fungsi hajar aswad dan thawaf terhadap dunia ini? kita belum tau...tapi pasti ada..karena Allah menciptakan segala sesuatunya pasti ada maksudnya...tugas manusialah untuk mencarinya dg bekal ilmu pengetahuan yg Allah suruh untuk mencarinya... Ada yg mendebat...kl thawaf mempengaruhi rotasi, bgmn seblm Islam? jawabnya : sebelum islam sudah ada gerakan thawaf...

      Hapus
    4. Gerakan thawaf / gerakan orang2 yg berkeliling secara bersama2 satu arah..tercermin di sebuah temple di kota Palmyra, Syria. Menurut penjelasan guide yang sy dengar...puing2 temple dan bekas kota itu dibangun 2000 th SM..di dinding2nya ada lukisan2 yg salah satunya menceritakan adanya gerakan orang2 berkeliling yg mereka lakukan...sama spt gerakan orang iislam melakukan thawaf.. Sekali lagi, benarkah gerakan thawaf ini mempengaruhi rotasi bumi? semoga ada yg bisa melakukan penelitian terhadap hal tsb...khususnya ilmuwan2 muslim...aamiin

      Hapus
  18. Selama ini apa kita tahu bahwa Hajarul Aswad itu super conductor.
    Setelah mauncul hasil penyelidikan dari luar baru sibuk berkomentar.
    Suatu saat nanti muncul lagi hasil riset dari asing tentang fakta yang lebih akurat tentang Hajarul Aswad, barulah kita sibuk berkomentar lagi Oh iya ya, oh iya ya. coba selidiki dan fikirkan , apabetul Hajarul Aswad itu super conductor, mengapa harus dititik Ka'bah, mengapa harus Super conductor bukan batu kali atau batu bata atau berlian,, kenapa.
    Allah tidak menciptakan sesuatu, melainkan ada sebab. Wassalam.

    BalasHapus
  19. Allah menciptakan pancang bumi ini ( gunung ) dsb juga secara bertahap dan maha sabar. tidak harus terpancang seperti sekarang ini mulai dari terbentuknya bumi.
    Allah juga mengatur perputaran dunia, Bumi dan seluruh jagad raya ini secara bertahap bahkan ada sebagian yang sudah punah, bintang dan sebagainya.
    Hajar Aswad adalah tahap akhir untuk .......Ka'bah akan, Hajar Aswad akan.......kemudian Kiamat.
    Subhanallah.

    BalasHapus
  20. Saya berpandangan bahawa suatu kajian holistik dan ilmiah perlu dan wajar dibuat oleh mana mana pakar ilmuan Islam mengenai kenyataan bahawa:

    "Hajar Aswad (batu hitam yang ada di dekat Ka'bah) merupakan superkonduktor dan menjadi penentu rotasi bumi".

    Hasil penemuan tersebut perlulah dihebahkan kepada dunia. Allahwaklam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga berpandangan demikian.
      Tidak semua informasi boleh diterima, haruslah diperiksa terlebih dahulu.

      Hapus
  21. Mohon di ingat sudara2 yang muslim, jgn percaya dengan berita yang tidak ada dasarnya, di Islam hanya bisa menerima sesuatu itu berdasarkan 3 acuan dari yang tertinggi sampai yang terbawah berdasarkan urutan, yaitu :
    1. berasal dari AlQuran,
    2. berasal dari Hadis yang sahih.
    3. memang sudah terbukti secara ilmiah atau dengan ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  22. Ada kalanya Kebesaran Allah itu tidak bisa di Nalar oleh Pikiran,, tapi oleh keimanan. jadi Berita ini Jangan Dulu di Bilang Hoax. Hanya Allah yg tau.. Visca Sriwijaya FCBarca..MantaPKS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entah ini beneran orang goblok atau pura2 goblok trus bawa2 nama partai untuk menjelekkan partai tersebut karena partai tersebut identik dengan islam. Ah, politik kotor, ada aja cara orang untuk menjatuhkan lawan politik...

      Hapus
  23. budaya ilmiah musti dikedepanin bray, islam begitu bukan ? satu hadist aje riwayat perawinya jelas sampe ke rasul...
    bukan berarti mengiyakan hoax dibilang kagak beriman, bukan gitu brayy... jgn bawa2 partai bray, malu2in partai lu aje...

    BalasHapus
  24. ya klau seandainya itu cerita akal akalan..jgn islamnya yg x cela...penyebarnya yg seharusnya x cela...jgn menghina agama orang lain...agama x bln tentu baik dan benar...iya to sdr.anonimous

    BalasHapus
  25. terima kasih karena telah menyempatkan waktu untuk mengkaji berita ini.. saya merasa terbantu sekali :) apalagi saat ini ada banyak sekali berita semacam ini

    BalasHapus
  26. Saya juga sangat memperihatinkan fenomena ini terjadi di zaman serba canggih ini ketika orang mudah percaya terhadap apa yang ingin dipercayainya. Tidak hanya berita-berita yang secara ilmiah tidak berdasar ini, di luar sana masih banya berita jauh lebih konyol yang ironisnya dipercaya dan turut disebarkan orang-orang muslim sendiri. Mengenai hajar aswad sendiri, Khalifah Umar (atau Abu Bakar ?) sendiri menyatakan bahwa jika tidak melihat Rasulullah SAW sendiri menciumnya ia tidak akan melakukannya. Maka di zaman sekarang mengapa seakan kita perlu mencari-cari sesuatu mukzizat pada benda untuk beriman. Tidak perlu kita turut menyebarkan (apalagi mengarang sendiri) sesuatu yang seakan terkemas ilmiah namun mengandung dusta yang pada akhirnya mengecewakan mereka yang terlanjur mempercayainya. Sadarlah kawan, berhujjahlah dengan sesuatu yang baik. Sadarlah kawan, musuh kita bersedia masuk dengan cara apapun untuk membuat kita ragu-ragu.. Mas Ihsan Ariswanto jangan bosan berfikir kritis.demi mencerdaskan umat!

    BalasHapus
  27. Ya Allah,jauhkanlah org2 yg ingin mengadu domba umat islam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah orang islam bukan domba dan gak mudah di adu berikan kami kesabaran, kekuatan, petunjunk dan segala sesuatu yang terbaik bagi kami karena hanya Engkalu lah Yang Maha Mengetahui apa-apa yang terbaik bagi kami. Amin...

      Hapus
  28. saya malah berfikir simple, kalau memang karena umat muslim melakukan tawaf mengelilingi hajar aswad mempengaruhi rotasi bumi , berarti di zaman nabi adam bumi itu tidak berputar dong???, bukannya enggak respect sama islam, tapi ya jangan juga takut mengkritis agama, karena saat ini banyak pihak yang ingin menghancurkan agama. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kamu tau kalau zaman nabi Adam as gak ada yang tawaf?

      Hapus
    2. Emang kakak tau kalau ka'bah sudah ada pas nabi adam ke bumi ^_^ bukanya di bikin sama nabi ismail yang notabene berbeda jaman dengan nabi adam ^_^

      Hapus
  29. wah ini baru bener nihh.. mantap bro... klo dikasih tau yg bener malah di bilang kafir haha, kita umat muslim harus kritis dan cerdas, jngn di telen bulat2 aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dikunyah dan dirasakan dulu ya broder

      Hapus
  30. apa jangan-jangan HOAX ini dibuat agar Muslim percaya akan HOAX ini, pada saat sudah percaya, orang-orang kafir akan mencemooh dan merendahkan Islam, menganggap bahwa Islam itu agama yang tidak Logis?

    BalasHapus
  31. "Mengenai nama Prof Lawrence E Yoseph, saya coba googling, dan tidak mendapati nama yang persis seperti tersebut (kecuali tentu saja dari blog-blog yang menyebarluaskan info di atas)"

    Coba cek link ini:

    http://www.huffingtonpost.com/lawrence-e-joseph/

    BalasHapus
  32. pohon yg baik akan menghasilkan buah yg baik pula..

    BalasHapus
  33. " makanya sesuatu yg salah jgn mudah di percaya dan di besar2kan..krn watak org indonesia di pengaruhi oleh budaya nya yg terlalu cepat mempercayai berita2 yg hoax..lalu membenarkan,nya..

    BalasHapus
  34. semua hal ada yang tidak bisa di ungkapkan hanya dengan logika dan ilmu pengetahuan, banyak hal yang di luar kemampuan manusia.
    orang yang tidak percaya Tuhan lah yang hanya mengandalkan akal pikirannya, salam

    BalasHapus
  35. Pernahkah anda memikirkan, mengapa tawaf berlawanan arah jarum jam? apakah itu hanya kebetulan belaka? Subhanallah terlalu kecil otak kita utk memikirkan kebesaran ALLAH....ALLAHU AKBAR

    BalasHapus
    Balasan
    1. otak ente juga terlalu kecil untuk mikir sains

      Hapus
    2. Yang jelas gak ada dalil antara rotasi bumi dengan sains di kitab2 klasik.. so, mengingkari hal ini bukanlah kekafiran.

      Hapus
  36. Surat Al-Kafirun itu sabda Allah yg menyuruh Nabi Muhammad SAW n seluruh muslim d dunia mengucapkannya kepada para pemeluk agama lain.

    BalasHapus
  37. sok pinter lu pade, cuap2 merangkai kata :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu juga aku juga dong wkwkwkwkwk

      Hapus
  38. Ini mengapa blog saya tiba2 ramai begini ya?

    Yang pasti, hipotesis hajar aswad mempengaruhi rotasi bumi bukan hal penting, tak perlu disebarluaskan, karena:

    1. Secara sains, tidak pernah dibuktikan
    2. Secara agama, tidak ditemukan dalil (Quran, Sunnah, Ijma', qiyas)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi gara-gara isu ini blog agan bener-bener berrotasi

      Hapus
  39. Encyclopedia Americana gk punya, Superkonduktor gk tau, udah berani nyanggah. Bikin kesimpulan pula.
    #Blog gk mutu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca baik2 kesimpulan saya: berita tentang hajar aswad mempengaruhi bumi tidak punya sumber.

      Kalau Anda punya Encyclopedia Americana silakan disebutkan di halaman berapa kutipan tersebut dan saya akan mengedit kesimpulan saya :-).

      NB: Apakah yang menyebarluaskan berita ini juga punya Encyclopedia Americana dan paham superkonduktor??

      Hapus
    2. oh iya, btw saya ngerti superkonduktor, tapi saya gak ngerti hubungan superkonduktor dengan rotasi.

      Hajar Aswad <==> Super Konduktor <==> Rotasi

      Jelaskan dulu hubungan Hajar Aswad dg Super Konduktor
      Jelaskan pula hubungan Super konduktor dengan rotasi

      Dan saya akui saya gak mampu karena saya bukan mahasiswa fisika :-).

      Kalau Anda memang tahu silakan jelaskan.

      Hapus
    3. 1. Ada artikel dalam bahasa Inggris-nya nggak? berhubung yang menulisnya orang luar, harusnya jadi jurnal di luar negeri sana. yang saya temukan semuanya dalam bahasa Indonesia.
      2. Data memang tidak akurat. jadi masih mungkin untuk diragukan.
      3. Di dalam Al-quran (sebagai kitab tertinggi penanda keimanan seorang muslim) pun tidak menuliskan adanya batu ini, jika benar-benar penting seharusnya Tuhan tidak meluputkannya.
      4.Kita memang harus menggunakan akal. (7:179) berhati tidak memahami, bermata tapi tidak melihat, bertelinga tapi tidak mendengar. Lihat! hati ini untuk memahami, bukan merasakan...asal senang dan tidak senang saja. Jangan-jangan kita sengaja menulikan diri pada kebenaran hanya karena suka dan tidak suka. Kalau orang Yahudi bilang tembok ratapan mereka punya kekuatan, apa orang muslim percaya? pastinya akan saling perang lagi... jadi di sanalah perlunya ilmu pengetahuan untuk membuktikan. Bukankah dalam Al-quran pun Nabi (berdasarkan perintah Allah) sering meminta bukti pada orang-orang yang bicaranya asal. "Bawalah bukti jika kamu orang yang benar!" Maka adalah wajar jika orang menginginkan bukti dari kebenaran yang belum pasti secara ilmu pengetahuan dan di dalam Kitab pun tidak disebutkan
      Pesan: Jangan saling mencaci maki dengan kata-kata kafir, bodoh, dll...Jadilah Yahudi (orang yang mendapat petunjuk) yang benar, bukan hanya menjadi anggota dari komunitas agama. Jadilah Nasrani (orang yang menolong) yang benar bukan hanya menjadi anggota dari komunitas agama. Jadilah Muslim (orang berserah diri) yang benar, bukan hanya menjadi anggota komunitas agama. Salam damai pada semuanya!

      Hapus
  40. Jadi teringat suatu hadits, (maaf saya lupa hadits darimana mohon lengkapi sumbernya), yang intinya Jika datang suatu berita dari orang fasik, maka telitilah dahulu isi berita itu, nah dengan meneliti isi berita tersebut kita bisa mengetahui berita tersebut bohong atau tidak, meskipun isi dari berita itu suatu kabar bahagia. Boleh jadi berita bahagia yang dibawa itu justru akan membuat kita bergeser niat Lillahi ta'ala, dari segi sumber-sumbernya tulisan itu memang telah gagal membuktikan kebenarannya, tidak perlu sampai meneliti apakah benar Hajar Aswad adalah superkonduktor atau tidak, dari segi siapa yang mengatakan dan universitas mana saja, penulis gagal membuktikannya, jadi apa masih perlu dipercaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan hadist mas, tapi Al Quran:

      “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (Al Hujurat: 6)

      yup setuju dengan pendapat mas. Sayangnya, ga semua orang bisa mengambil kesimpulan dengan petunjuk-petunjuk itu. Makanya perlu dibuat tulisan ini. :)

      Hapus
  41. Selamat pagi kawan.

    Sepertinya banyak komentar berbau sara ya?

    Saya seorang muslim, dan saya ingin mengemukakan pendapat saya.

    Pertama, soal berita bahwa Hajar Al-aswad itu merupakan meteor itu saya rasa tidak dapat di buktikan. Alasannya pertama, di dalam kitab suci Al-Quraan tidak pernah ada pernyataan bahwa batu Hajar Aswad itu adalah meteor, dan berdasrkan beberapa referensi yang saya baca, elemen penyusun dari batu suci tersebut belum dapat ditentukan secara pasti. (http://www.irfi.org/articles4/articles_5001_6000/Al-hajr%20aswad.htm), untuk Hajar Al-Aswaad sebagai super konduktor saya blm bisa menarik kesimpulan apapun. Dikarenakan belum dapat menemukan sumber referensi yang cukup akurat. Tapi yang jelas Alam Semesta ini adalah kuasa Allah SWT, dan bagaimana cara kerja alam semesta ini pun masih menjadi pertanyaa. Oleh karena itu Allah SWT memerintahkan kepada manusia untuk mempelajari apa yang ada di sekelilingnya. Saya harap rekan - rekan tidak mengambil kesimpulan secara sepihak, apakah berita mengenai batu Hajar Al-Aswad itu hoax atau tidak. Karena belum adanya riset yang mengkaji permasalahan tersebut secara mendalam.


    Trimakasih.

    BalasHapus
  42. Baru nyadar ternyata ada yang nge-link blog ini di kaskus...
    Pantesan jadi rame... Padahal pos udah dari 2012.

    BalasHapus
  43. memang hoax, Hajar Aswad itu bukan superkonduktor dan bukan batuan dari meteor dan bukan pula dari batu2an biasa yang ada di bumi, lalu batu apakah itu?

    untuk komen2 yang diatas tentang Al-Kafirun, disitu dibilang "katakanlah:".. paham ga maksudnya?,, kaya misal, gw bilang sama temen gw "eh cuy, bilang aja sama dia, kalo lo tuh udah suka sama dia dari awal ketemu" jadi disurat tersebut Allah SWT lagi nyuruh Nabi SAW ngomong ke orang-orang kafir.. simple kan? masih ga ngerti juga? bodoh namanya, logika ga dipake / udah ketutup sama paham kebencian.. ckckckckck - Kaskuser Addict

    BalasHapus
  44. ada beberapa hal yg terjadi di alam semesta ini bisa lo baca dengan logika gan. rahasia Allah itu nggak bisa lo baca melalui kebencian yg ada di hati lo. Bagaimana mungkin lo bisa lihat dasar sungai kalau air yang lo lihat keruh. bagaimana mungkin lo bisa nemuin kebenaran tentang Allah kalau di dalam hati lo aja masih ada keburukan. surat Al-Kafirun itu buat mereka yg pada dungu tentang kebenran agama Islam. mereka yg menutup diri tentang keagungan islam. kebenaran islam itu udah pasti gan, tinggal lo percayain aja. Cukup Percaya!!! nggak semua hal mesti lo ketahui gan.lo pernah baca nggak bahwasanya Nabi Muhammad SAW pernah ditanyai kalau kenapa Al-Qur'an nggak sekaligus ditururin ke Nabi Muhammad SAW sekaligus, Nabi Kasih Jawabanya gan, dan jika Al-Quran itu Sekaligus dituruni ke Nabi tentu akan pecah Meleleh kepala Nabi gan. kalau segala rahasia Allah semua orang pada tahu tentu semua orang bisa masuk surga gan dan lo tau sendiri kan kalau surga itu nggak murah dan neraka itu lebih banyak penduduknya dari surga.

    BalasHapus
  45. Dari semua komen saya menyimpulkan.. Yg tau hanya allah..
    Tapi prediksi ini jgn berheti sampai di sini..

    Pertama saya mau tanya,,
    "Batu meteor itu adalah batu dari luar angkasa,..??
    .....

    Hajar aswat dari surga.. "Di manakah surga itu..?? Kalau tempat tersebut bukan di bumi.. Apa blh itu di katakan angkasa,, karna yg menamai "meteor" taunya dr angkasa ,,
    Tp kl islam mungkin langit,dr 1 - 7..

    Kesimpulan,

    hajar aswat itu batu meteor (dr sudut padang sain, ilmiyah..

    Hajar aswat batu dari surga (islam)
    Karna surga jg ada di luar angkasakan..

    Jadi kabar adanya shalat,towaf,hajar aswat..akhirnya menuju ke"SANA" Itu kemungkinan iya.. So kekuatan doa itu gak bisa di deteksi dengan alat apapun..

    Yg jelas dari kritis kalian itu akan ada gambaran2 yg membuat antum ingin lebih kenal dengan allah..

    Dan harapan saya,.. Jangan ada dusta di antara kita(islam)
    Jgan ada beci di antara kita(islam)
    Salinglah. " BERJAMAAH "

    Karna AHLI SUNAH adalah pecinta rosul..

    Dan JAMAAH itu 27x lebih baik..

    BalasHapus
  46. Cape baca nya kaka :D

    BalasHapus
  47. menarik membaca postingan dan komentar anda semua, intinya
    1. Jgn sekali-kali menyebarkan berita jika tidak jelas sumber dan kebenarannya, karena dari sudut pandang agama maupun bukan tetap saja hal itu tidak baik..
    2. Jangan memberikan komentar atau pendapat jika anda tidak memiliki ilmu yg cukup di bidang tersebut...
    3. Siapun anda, jgn sekali-kali menerjemahkan terlebih menafsirkan ayat Al-Qur'an klo gak punya ilmu, baru bisa baca terjemahan saja sudah pada mau memberikan komentar terhadap ayat yg dibacanya..

    BalasHapus
  48. Al Qur’an adalah petunjuk hidup.. Apakah kalian semua sudah pernah membaca isinya dari juz 1 hingga juz 30.. Meskipun hanya mampu baca terjemahannya saja.. Kalian akan mengerti isinya karena dari situ sudah tertuang jelas awal penciptaan alam semesta , manusia hingga kiamat dan pengadilan buat kita semua atas perbuatan kita... Mumpung masih dapat kesempatan bernafas, sempatkanlah untuk khatam Al Qur’an... Karena semakin kita berilmu pengetahuan maka kita akan semakin takut pada Allah SWT, dan Allah SWT menyukai orang yang berilmu pengetahuan... Allah SWT Maha Mengetahui dari apa yang kalian ketahui dan semuanya ada tujuannya...

    BalasHapus
  49. setuju pak admin, segala sesuatu memang harus di saring. Kalo saringan jebol mending gak usah buat nyaring. Hhh pokonya setuju sama kang ngadmin. Tengyu masbro, tengyu

    BalasHapus
  50. masyaallah.... Ini nih yg ane demen....
    Taman2 surga.....
    Yg selalu mengingat kebesaran Allah..... Tentang ciptaanNYA......tentang baik buruk sesuatu....pokoknya ane suka......
    Trims bapak2 atas ilmunya....

    BalasHapus
  51. Coba nanti aku cari referensi di "Tafsir 1001 Mimpi" ya..... Biar Tambah Rame dan Tambah Koplak...... he he he....

    BalasHapus
  52. Makanya para ulama dan.imam.besar hadist menempatkan.bab iman.sebelum bab ilmu.
    Karena banyak hal yg justru tidak bisa dipahami dengan logika nalar ataupun teori yg sekedar dikemukakan hanya oleh MANUSIA.
    Jadi manusia sombong sama TUHAN kalau berpendapat kalau ditanya gimana ente lahir harus pake teori karena elmu yg manusia dapet cetek dibandingkan ilmu TUHAN.

    BalasHapus
  53. Terima kasih atas pencerahan yang Bapak Ihsan Ariswanto berikan. Saya menjadi belajar untuk bersikap netral dan berpikir kritis. Hal ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai akademisi. Sekali lagi, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  54. semuanya goblokkkkk

    BalasHapus
  55. berdebat gk da gunanya....ngmong ja koar2....!!!! dasar goblok smua...

    BalasHapus
  56. Boleh berdebat, tapi tidak baik saling menjelekkan karena belum tentu kita lebih baik dari mereka. Perdebatan ini bagus tapi terus terang pengetahuan kita masih sangat...sangat...sangat dangkal tentang yang kita perdebatkan. sehingga sering muncul kata-kata hinaan... mencela satu sama lain, bahkan mencela agama. Hanya Tuhanlah Yang Maha Tahu Semuanya...

    BalasHapus
  57. http://bit.ly/1cEuJbX

    Ini adalah dokumen Ensiklopedia Americana. Di halaman 298, pada huruf K, ada keterangan soal Ka'bah. Hasilnya adalah kalimat yang merendahkan dengan istilah negatif macam "impunity", "mohameddan" dan sejenisnya.

    Sejak awal, soal Ka'bah adalah pusat bumi dan alam semesta itu _tidak ada_. Sebaliknya, isinya menerangkan info basis Ka'bah (yang semua ensiklopedia ada) dengan kalimat yang bisa bikin telinga orang Islam panas.

    Apa para muslim sendiri sudah mengeceknya? Saya rasa _tidak_. Mereka memang mudah dibodohi kok.

    BalasHapus
  58. Kenapa kita yang mengaku Muslim masih berkata kasar, siapakah yang kita tiru, adakah ahlak Rasul mengajarkan begitu.....?

    BalasHapus
  59. Saya ingin mencoba sharing info mengenai si penulis Lawrence E. Joseph. Saya coba googling mengenai beliau, yg saya temukan beliau adalah Seorang penulis buku2 yg isinya scientific seperti membahas solar system dipadukan dgn membahas kepercayaan suku Maya ttg end of the world in 2012. Review bukunya cukup bagus, tapi saya amati juga beliau mengutip dan mengomentari penjelasan dr scientist2 yg tidak di sebutan namanya oleh beliau. Pdhl suatu buku/karya ilmiah harus jelas sumber dan kebenarannya. Yg berikut ini latar belakang Joseph yg saya copas dr review sebuah bukunya: Lawrence E. Joseph is chairman of the board of New Mexico–based Aerospace Consulting Corporation. He is the author of several books and has written for a a number of major newspapers and magazines, including the New York Times, Salon.com, Family Circle, Audubon, and Discover.

    BalasHapus
  60. JANGAN SOK TAU! Itu bukti riwayat hidup Lawrence E. Josep --->> hhttp://www.huffingtonpost.com/lawrence-e-joseph/

    BalasHapus
  61. http://www.huffingtonpost.com/lawrence-e-joseph/

    BalasHapus
  62. http://www.lawrenceejoseph.com/?s=bio

    BalasHapus
  63. Beberapa bulan terakhir beredar informasi yang menyebutkan bahwa Hajar Aswad (batu hitam yang ada di dekat Ka'bah) <== bukan dekat Ka'bah, tetapi memang menempel pojok bawah Ka'bah... kalo belom pernah liat Ka'bah, jgn sok2 Publikasi lah... malah salah2 tuh infonya...

    BalasHapus
  64. Salut dan setuju dg Ihsan Ariswanto...kita hrs belajar utk tdk llangsung percaya dg berita2 yg disampaikan...agar tdk tersesat nantinya...

    BalasHapus
  65. Wallahu a'lamu

    Allah maha mengetahui terhadap segala sesuatu yang tak kita ketahui

    BalasHapus
  66. pengetahuan kita belum cukup untuk membongkar rahasia allah..jadi kita harus menerima setiap kritik yang ada dengan ikhlas..berpikirlah sebagai orang yang berpendidikan berpikirlah sebagai muslim, beberapa bukti ke kuasaan allah sudah ada beberapa yang terbongkar, jadi kalau ada yang belum kebongkar harap bersabar insyallah pasti kebuka semuanya ada saatnya :) bagi yang bukan muslim kalau kalian pengen mengetahui "apa itu islam" buka kitab suci alquran pahami dan pelajarin kalian akan menemukan semuanya disana jawaban yang kalian ingin cari , seperti kata orang bijak jangan menilai dari luar , bukan? terima kasih :)

    BalasHapus
  67. dari pada debat kusir.... gak ada bukti..ilmiah.....cek kadar Karbon di kabah....bisa membuktikan umur sesungguhnya dari Kabah....( gak pake ngomong dan keimanan ) MURNI ILMU PENGETAHUAN.....
    Cek kandungan unsur kimiawi ataupun zat besi dalam batu azhwar...batu meteor atau batu surga.....


    ILMU PENGETAHUAN SEMAKIN CANGGIH....jangan mau diGOBLOGIN sama para ahli Agama.....

    kalau ternyata batu azhwar sama seperti batu Meteor kan ga usah jauh jauh memperkaya orang Arab. ke MUSIUM juga bisa ?????????

    kalau ternyata umur kabah tidak sesuai dengan kandungan KADAR KARBONnya Alquran Wajib dipertanyakan????????


    SEMUA BISA TERJAWAB dengan ILMU PENGETAHUAN....

    BalasHapus
  68. Knp tdak bisa dicari d google? Tdk ada d halaman wikipedia atau apalah itu? Mungkin NASA sudh menghapus smua kebenaran itu, mungkin kan? Lo tau google itu dikontrol ama siapa? Itu kan rahasia besar, lgian coba lo, rahasia lo kebongkar, apalagi rahasia besar, lo bakal brusaha kan nutupin? Kata" lo bilang hoax itu ane rasa kasar skali bung, lagian gw tnya ama lo smua, klo smua hal didunia bisa dibuktikan dngan ilmiah, lo smua msih pada butuh Tuhan gak? Masya Allah!!
    Klo lo smua mmpertanyakan ttg Qur'an nntn youtube cari tuh zakir naik, smua 20 sangkaan william campbell dijawab abis ama zakir naik, sedangkan sanggahan zakir naik nggk bisa d jawab ama william campbell, kan lucu? Umat kristiani msih aja gk menerima, KEBENARAN TERUNGKAP, ALLAHU AKBAR!!!!

    BalasHapus
  69. buat ZUL:
    bloon kok dipelihara... ente baca lagi pake mata...
    udah jelas banget "aku" yg dimaksud itu adalah manusia (muslim), bukan ALLAH SWT,,,,
    dasar bloon...

    BalasHapus
  70. Terima kasih atas usaha anda. Memangnya kita seharusnya check dulu sebelum kita share kalau kita tidak pasti kesahihan sesuatu yang berkaitan dengan agama. Malah, berkaitan apa kebenaran pun. Menyebar hoax atau berita tanpa substance berpotensi membawa fitnah kepada agama.

    BalasHapus
  71. semoga dapat ebrmanfaat dan menjadi inspirasi.. terima kasih ya gan infonya semoga makin jaya..

    BalasHapus
  72. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda.

    BalasHapus
  73. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    BalasHapus
  74. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    BalasHapus